Texere : Jurnal Sains dan Teknologi Tekstil

Perkenalan

20160923_104342Texere adalah terbitan berkala nasional berbahasa Indonesia di bidang sains dan teknologi tekstil yang diterbitkan oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik STTT Bandung untuk kalangan akademisi, industri dan masyarakat umum. Terbit dua kali dalam setahun sejak tahun 2004, ruang lingkup Texere meliputi semua bidang tekstil, termasuk sains, rekayasa, ekonomi, manajemen, pemasaran dan desain. Texere menerima naskah untuk diterbitkan dengan topik yang beragam mulai dari kajian ilmiah teoritik dan fundamental tentang tekstil, laporan hasil-hasil percobaan tentang berbagai macam proses produksi, permesinan, persiapan penyempurnaan, pencelupan, penyempurnaan, pengujian dan pemakaian bahan tekstil yang meliputi serat, benang dan kain serta pakaian dan bahan-bahan lain untuk alas kaki, interior dan tekstil teknik.

Tujuan penerbitan jurnal ini adalah untuk menyediakan forum dan platform berbahasa Indonesia untuk para ilmuwan, akademisi dan pemerhati serta khalayak pembaca luas tentang sains dan teknologi tekstil dan bidang-bidang terkait lainnya. Penerbitan jurnal juga dimaksudkan untuk mendorong penelitian di bidang tekstil dan mengundang peran serta aktif kepakaran dari bidang-bidang lain yang terkait dalam rangka mengembangkan keilmuan dan teknologi tekstil di Indonesia. Hal tersebut dipandang penting mengingat peran penting industri tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia bagi perekonomian nasional. Dengan nilai ekspor pada tahun 2015 mencapai angka USD 12,8 milyar TPT merupakan penyumbang devisa terbesar ketiga setelah minyak kelapa sawit dan besi baja.

Texere menerima kiriman naskah sepanjang tahun dengan target penerbitan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Untuk penerbitan bulan Juni naskah sudah harus diteima di meja redaksi paling lambat 1 Maret, sedangkan untuk penerbitan Desember naskah sudah diterima paling lambat 1 September. Naskah yang masuk selanjutnya akan diproses dan melalui tahap penelaahan oleh tim penelaah. Klik di link berikut ini untuk mengakses :

TEXERE, JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI TEKSTIL.