Program Penelitian Mandiri

PEDOMAN PENELITIAN DOSEN STTT 2017. Unduh

TEMPLAT PROPOSAL PENELITIAN DOSEN STTT. Unduh

Program Penelitian Mandiri adalah program penelitian yang didanai dari anggaran rutin tahunan STTT. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah dosen STTT yang terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah nasional. Program ini juga dimaksudkan sebagai sarana untuk meningkatkan mutu penelitian dan pembinaan bagi dosen-dosen muda dalam kegiatan penelitian serta untuk membantu dosen STTT memenuhi target SKP (Sasaran Kerja Pegawai) bidang penelitian.  Sementara ini, anggaran yang tersedia untuk setiap proposal yang disetujui adalah sebesar Rp 10 juta.  Dengan keterbatasan anggaran yang ada, program ini masih bersifat umum dan belum dikelompokkan menjadi program-program yang lebih spesifik. Dalam perkembangannnya nanti, Program Penelitian Mandiri dapat dikelompokkan lagi misalnya menjadi Penelitian Unggulan, Penelitian Kelompok Keahlian, dan Penelitian Peningkatan Kapasitas, menyesuaikan dengan Rencana Induk Penelitian Politeknik STTT Bandung.

1. Program Penelitian Unggulan

Program Penelitian Unggulan STTT adalah penelitian institusi yang menjadi fokus penelitian STTT sesuai dengan perannya sebagai pusat keunggulan tekstil dan kebutuhan pembangunan industri tekstil Indonesia seperti tertuang dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional 2015-2035. Fokus dan peta jalan (roadmap) penelitian ditetapkan berdasarkan kajian yang komprehensif oleh para ahli dan pemangku kepentingan melalui rangkaian seminar dan focused group discussion dan disahkan oleh Senat Akademik Politeknik STTT Bandung.

2. Program Penelitian Kelompok Keahlian

Program Penelitian Kelompok Keahlian (KK) adalah riset yang dilakukan oleh dosen dalam satu KK atau gabungan beberapa KK di masing-masing Jurusan untuk penguatan keahlian dan memacu pertumbuhan penelitian berkualitas di STTT. Penelitian ini juga diharapkan dapat disinergikan dengan tugas akhir mahasiswa dalam rangka membangun STTT sebagai pusat keunggulan tekstil Indonesia

3. Program Penelitian Peningkatan Kapasitas (RPK)

Program Penelitian Peningkatan Kapasitas STTT merupakan program penelitianyang diarahkan untuk meningkatkan jumlah dosen STTT yang terlibat aktif dalam kegiatan penelitian. Sasaran dari Program Penelitian Peningkatan Kapasitas adalah staf dosen muda STTT yang memiliki potensi, namun belum/tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan penelitian dalam 3 tahun terakhir, serta dosen muda yang baru kembali bertugas di STTT (termasuk dosen-dosen yang baru menyelesaikan studi lanjut).